Alat Berat

Pabrik Beton: Precast, Ready Mix, & Alat Berat

Alat Berat

Perancang atau dalam bahasa Inggris disebut dengan scaffolding memiliki pengertian teknik konstruksi pembantu di pekerjaan bangunan gedung. Apabila pekerjaan bangunan gedung telah mencapai ketinggian sekitar 2 meter serta tidak dapat dijangkau oleh pekerja maka anda dapat membuat perancah.

Work plattform sementara merupakan perancah. Suatu struktur sementara yang dimanfaatkan untuk menyangga manusia serta material di dalam konstruksi maupun perbaikan gedung dan bangunan-bangunan besar lainnya merupakan pengertian dari perancah (scaffolding). Pada umumnya perancah memiliki bentuk seperti sistem modular dari pipa ataupun tabung logam, namun juga bisa menggunakan bahan-bahan lain. Pada beberapa negara Asia seperti Cina dan Indonesia, masih menggunakan bambu sebagai perancah.

Terbuat dari bahan pipa pipa besi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki kekuatan agar dapat menahan beban yang ada di atasnya ada salah satu ciri yang dimilki oleh scaffolding. Di dalam mengerjakan suatu proyek, berguna atau tidaknya perancah dapat tergantung pada pemilik proyek itu sendiri. Perancah dimanfaatkan sebagai pengganti bambu di dalam pembangunan suatu proyek. Anda dapat menghemat biaya serta lebih efisien terhadap waktu di dalam pemasangan merupakan salah satu keuntungan dari perancah.

Jenis Scaffolding

Supported Scaffolding

Scaffolding jenis ini dirangkai dari bawah ke atas berbentuk frame dengan sistem penggabungan yang kokoh, dapat dipanjat serta bisanya digunakan sebagai pijakan para pekerja kontruksi di dalam melakukan pekerjaannnya.

Suspended Scaffolding

Scaffolding jenis ini dipasang secara tergantung di atap bangunanan atau konstruksi, jenis ini digunakan jika tidak memungkinkan membangun Scaffolding dari dasar karena dinilai tidak ekonomis.

Scaffolding Beroda

Sesuai dengan namanya Scaffolding ini memiliki roda yang berfungsi untuk memudahkan dalam merampungkan pekerjaan dengan area yang lebih luas karena dapat dipindah secara manual ke tempat yang akan dilakukan pengerjaan.

Mobile Scaffolding

Scaffolding jenis ini dipilih dengan memperhatikan beberapa faktor yakni akses pada area pekerjaan konstruksi dan gerakan yang akan dilakukan pada scaffolding apakah permanen pada tempat atau dapat dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.

Kegunaan Perancah

Pada umumnya perancah digunakan sebagai tempat untuk bekerja yang aman bagi tukang pekerja lainnya sehingga keselamatan kerja dapat terjamin dan biasanya digunakan untuk lindung bagi pekerja yang lainnya contohnya seperti bekerja di bawa yang harus dilindungi dari jatuhnya bahan atau alat

Alat Pengolahan Lahan

Pengolahan tanah merupakan usaha dalam mempersiapkan lahan untuk pertumbuhan tanaman yaitu dengan cara menyiapkan kondisi tanah yang siap untuk ditanam. Meskipun pengolahan tanah telah dilakukan oleh manusia sejak dahulu kala dan sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat baik di dalam cara maupun peralatan yang digunakan, namun hingga saat ini pengolahan tanah masih belum dikatakan sebagai ilmu yang pasti yang dapat dinyatakan secara kuantitatif. 

Belum terdapat cara agar dapat menilai hasil olah yang dihasilkan oleh suatu alat pengolah tanah tertentu, dan juga belum bisa ditentukan suatu kebutuhan hasil olah yang khusus untuk berbagai tanaman di lahan kering. Pekerjaan pengelola tanah pastinya membutuhkan alat khusus untuk membantu mengerjakannya. Apabila kita menggunakan tenaga manusia maka hasil yang dihasilkan tidaklah maksimal, lain halnya dengan menggunakan tenaga mesin yakni alat untuk pengolah tanah. Alat pengolah tanah dibagi menjadi dua bagian yakni alat pengolah tanah pertama dan kedua.

Setelah pembajakan dilakukan pengolahan tanah kedua. Dengan pengolahan tanah kedua, tanah akan menjadi gembur serta rata, tata air diperbaiki, sisa-sisa tanaman dan tumbuhan pengganggu akan dihancurkan kemudian dicampur dengan lapisan tanah atas, tak jarang juga diberilkan kepadatan tertentu pada permukaan tanah, dan mungkin juga akan dibuat gundukan atau alur untuk penanaman.

Contoh Alat Pengolah Lahan

Bajak Singkal

Implement_Traktor_Bajak_Singkal__Share_Plough_

Bajak singkal termasuk jenis bajak yang paling tua. Di Indonesia jenis bajak singkal inilah yang paling umum digunakan oleh petani untuk melakukan pengolahan tanah mereka, dengan menggunakan tenaga sapi sebagai sumber daya penariknya.

5/5

Bajak Piring

bajak piring

Bajak piringan cocok untuk bekerja pada tanah yang lengket, tidak mengikis dan kering dimana bajak singkal tidak dapat masuk, tanah berbatu, atau banyak sisa-sisa akar, tanah gambut, serta untuk pembajakan tanah yang berat.

5/5

Bajak Singkal

Implement_Traktor_Bajak_Singkal__Share_Plough_

Bajak singkal termasuk jenis bajak yang paling tua. Di Indonesia jenis bajak singkal inilah yang paling umum digunakan oleh petani untuk melakukan pengolahan tanah mereka, dengan menggunakan tenaga sapi sebagai sumber daya penariknya.

5/5

Bajak Piring

bajak piring

Bajak piringan cocok untuk bekerja pada tanah yang lengket, tidak mengikis dan kering dimana bajak singkal tidak dapat masuk, tanah berbatu, atau banyak sisa-sisa akar, tanah gambut, serta untuk pembajakan tanah yang berat.

5/5

Excavator

excavators

Alat berat yang terbagi ke dalam beberapa bagian yakni mulai dari lengan (arm), boom (bahu) serta bucket (alat keruk) dan digerakkan oleh tenaga hidrolis yang dimotori dengan mesin diesel dan berada di atas roda rantai (trackshoe). Excavator memiliki pengertian yakni alat berat paling serbaguna karena bisa menangani berbagai macam pekerjaan alat berat lain.

5/5

Dozer

dozer

Bulldozer memiliki pengertian yakni jenis peralatan konstruksi yang biasanya disebut alat berat atau construction equipment dengan tipe traktor menggunakan Track rantai serta dilengkapi dengan pisau yang terletak di depan. Bulldozer biasanya digunakn untuk pekerjaan menggali, mendorong dan menarik material seperti tanah dan pasir. 

5/5

Alat Penggali

Alat penggali adalah suatu alat yang dimanfaatkan untuk menggali material yang keras contohnya seperti tanah dan bebatuan. Pada zaman dahulu jika ada kegiatan yang berhubungan dengan menggali maka pastinya kan menggunakan tenaga manusia dalam penyelesaiannya. Lain halnya dengan era sekarang yang sudah modern, di era ini sudah tersedia berbagai alat macam penggali tanah seperti Front Shovel, Backhoe Dragline, Clamshell yang memang khusus disediakan bagi para pekerja di bidang konstruksi agar dapat memudahkan pekerjaan mereka serta dapat menghemat waktu sehingga waktu luang dapat digunakan untuk hal lainnya.

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya jika menggunakan tenaga manusia untuk menggali maka akan ada batasannya karena akan capek dan juga mebutuhkan waktu serta proses lama untuk menyelesaikannya. Dan apabila Anda menggunakan alat untuk menggali maka kelebihan yang di dapat antara lain adalah dapat mempersingkat waktu dan juga dayanya tak terbatas serta dapat menghemat biaya karena tidak memperkerjakan banyak tenaga manusia. 

Anda bisa menggunakan berjam-jam bahkan berhari hari karena alat ini tidak membutuhkan tenaga hanya saja dikendalikan oleh manusia. Anda hanya perlu menyewa satu orang yang telah profesional di dalam mengendalikan alat penggali maka pekerjaan dapat terselesaikan dengan mudah. Maka dari itu alat penggali sangalah dibutukan serta menjadi salah satu bagian terpenting di dalam konstruksi.

Jenis Alat Penggali

5/5

Front Shovel

Front shovel dimanfaatkan untuk menggali material yang terletak di atas permukaan di mana alat tersebut berada. Digunakan sebagai penggali material yang kelas adalah salah satu kemampuan dari alat ini. Apabila material yang digali bersifat lunak maka front shovel akan mengalami kesulitan.

Backhoe

Backhoe memiliki pengertian yakni alat berat yang dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan penggalian yang terletak dibawah kedudukan dan anak itu sendiri. Kegunaan backhoe yakni dapat menggali dengan kedalaman yang jauh lebih teliti dan dapat digunakan sebagai alat penguat.

5/5
5/5

Dragline

Dragline mempunyai pengertian termasuk ke dalam salah satu alat berat yang dimanfaatkan untuk menggali dan menguatkan hasil dari galian tersebut di dalam alat cangkul. Contohnya seperti truk yang menuju ke tempat penimbunan yang terdekat dengan tempat galian. 

Clamshell

Biasanya clamshell dimanfaatkan untuk penggalian tanah lepas contohnya seperti pasir, kerikil, batuan pecah, dan lainnya. Material secara vertikal akan diangkat oleh banan. Ukuran bucket pada clamshell terdiri dari beragam macam antara lain adalah yang ringan hingga yang berat. 

chamshell
5/5

Alat Pengangkut Material

Alat pengangkut material merupakan salah satu alat terpenting yang biasanya digunakan di dalam konstruksi. Pada umumnya alat pengangkut material berfungsi untuk memindahkan suatu material berat yang berada di satu tempat ke tempat lainnya. Dikarenakan mengangkut material yang rata-rata memiliki beban berat maka dari itu alat ini sangat dibutuhkan. Sangatlah tidak mungkin bukan jika menggunakan tenaga manusia untuk mengangkatnya, bahkan jika memungkinkan maka pasti akan terdapat kekurangannya salah satunya adalah dapat memakan waktu lama di dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, tidak dapat digunakan sepuasnya karena pasti dapat lelah, dan cukup menguras kantong karna menyewa banyak pekerja. 

Jika Anda menggunakan alat pengangkut material dengan tenaga mesin maka kelebihan yang didapatkannya adalah dapat menyingkat waktu dan juga dapat digunakan sepuasnya karena tidak akan lelah seperti tenaga manusia. Maka dari itu terciptalah jenis alat berat untuk mengangkut material agar memudahkan pembangunan di dalam dunia konstruksi. Jika dilihat dari jenisnya maka alat berat pengangkut material dibagi menjadi dua macam yakni alat pengangkut vertikal dan juga alat pengangkut horizontal.

Pada umumnya alat pengangkut horizontal tingkatkan untuk mengangkut sebuah material dari satu tempat ke tempat yang lainnya secara horizontal. Alat pengangkut vertikal biasanya dimanfaatkan sebagai alat berat yang digunakan untuk mengangkut material dari atas ke bawah atau dengan kata lain secara vertikal.

Macam-Macam Alat Pengangkut Material

5/5

Loader

Loader merupakan suatu alat yang pada umumnya digunakan pada proyek konstruksi untuk pekerjaan pemuatan material hasil penggalian ke dalam truk atau membuat timbunan material.  Alat ini mempunyai prinsip sebagai alat bantu yang berfungsi untuk mengangkut material dari lokasi penimbunan ke alat pengangkut lain. Loader juga dimanfaatkan sebagai alat pembersih lokasi yang ringan, menggali pondasi basement, menggusur bongkaran dan masih banyak lainnya.

5/5

Truck

Dum Truk memiliki pengertian yakni alat yang dimanfaatkan untuk memindahkan material hasil galian dari lokasi quary menuju lokasi proyek. Pada umumnya alat tersebut dimanfaatkan untuk mengangkut material lepas atau loose material yang berupa pasir, gravel/kerikil, tanah, dan material mineral atau batubara yang digunakan di dunia konstruksi serta pertambangan. Alat yang isinya dapat dikosongkan tanpa penanganan adalah salah satu ciri umum dari dump truck.

5/5

Conveyor Belt

Belt conveyor atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan ban berjalan memilki pengertian yakni alat transportasi paling efisien dalam pengoperasiannya apabila dibandingkan dengan alat berat atau truck untuk jarak jauh. Hal tersebut karena alat ini mampu mentransport material dengan jarak lebih dari 2 kilometer, bergantung dari desain belt itu sendiri. Powder, granular atau lump dengan kapasitas lebih dari 2000 ton/jam adalah material yang biasanya ditransport.

crane
5/5

Crane

Crane sendiri memilki pengertian yakni termasuk salah satu alat berat yang dimanfaatkan sebagai alat pengangkat dalam proyek kontruksi. Cara kerja dari alat ini adalah dengan mengangkat material yang akan dipindahkan, memindahkan secara horizontal, lalu menurunkan material ditempat yang diinginkan. Alat ini mempunyai bentuk dan kemampuan angkat yang besar dan dapat berputar hingga 360 derajat dan dapat menjangkau hingga puluhan meter. Pada umumnya crane diaplikasikan dalam pekerjaan pekerjaan proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan, dll.

Alat Pemadat

Alat berat pemadat memiliki pengertian yakni salah satu jenis alat berat yang digunakan pada konstruksi lahan, atau pada proyek jalan. Pada umumnya alat ini diaplikasikan pada lahan yang akan di pakai untuk pembangunan. Akan tetapi, alat ini lebih sering ditemui untuk membantu proyek pembangunan jalan. Penggunaan mesin-mesin pemadatan itu sendiri bergantung  jenis tanah dan kondisi kelembaban.

Alat pemadat sering dimanfaatkan bagi pembuatan jala seperti jalan tanah, jalan dengan perkerasan lentur maupun perkerasan kaku. Berikut adalah contoh alat yang termasuk alat pemadat yakni Tamping roller, Pneumatic-tired roller, Compactor, dan masih banyak yang lain. Di dalam pekerjaan pembuatan landasan pesawat terbang, jalan raya, tanggul sungai dan lain sebagainya maka tanah perlu dipadatkan semaksimal mungkin. 

Selain menggunakan alat berat pekerjaan pemadatan tanah dalam skala kecil bisa dikerjakan dengan cara menggenangi dan membiarkan tanah menyusust dengan sendirinya. Akan tetapi cara ini mebutuhkan waktu lama dan hasilnya dinilai kurang sempurna. Supaya tanah benar-benar mampat secara sempurna perlu dilakukan cara-cara mekanis untuk pemadatan tanah.

 

Peralatan pemadatan tanah dapat dibagi menjadi tiga kelompok jika dilihat berdasarkan jenisnya, antara lain yakni rammers untuk pemadatan tanah, peralatan tanah pemadatan cahaya, peralatan tanah pemadatan berat. Dengan adanya alat pemadatan tanah maka tentunya pekerjaan manusia akan menjadi lebih mudah dan tidak akan menguras banyak tenaga bukan.

Yang Termasuk Ke Dalam Alat Pemadat

Tamping Roller

5/5

Tamping rollers memilki pengertian yakni termasuk salah satu alat berat pemadat yang berupa sheep’s foot roller. Pada umumnya alat ini dimanfaatkan untuk memadatkan tanah lempung atau campuran pasir dan lempung. Akan tetapi tidak dipakai untuk memadatkan tanah dengan butir kasar, seperti pasir dan kerikil. .

Pneumatictiredroller

5/5

Compactor memilki pengertian yakni alat berat yang dimanfaatkan untuk memadatkan jalan atau area konstruksi agar mempunyai tingkat kepadatan yang di inginkan. Jenis roda compactor ada 3 yakni besi seluruhnya atau ditambah berat berupa pasir atau air,  karet dengan bentuk kaki kambing , serta ada yang berukuran kecil bisa menggunakan tangan

Compactor

5/5

Compactor memilki pengertian yakni alat berat yang dimanfaatkan untuk memadatkan jalan atau area konstruksi agar mempunyai tingkat kepadatan yang di inginkan. Jenis roda compactor ada 3 yakni besi seluruhnya atau ditambah berat berupa pasir atau air, karet dengan bentuk kaki kambing , dan yang berukuran kecil bisa menggunakan tangan dengan mengarahkan ke bagian yang akan dipadatkan.

Alat Pemroses Material

Alat pemroses material  termasuk ke dalam salah satu jenis dari alat berat yang memiliki fungsi sebagai pengubah batuan dan mineral alam menjadi bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda atau biasa disebut custom. Batuan bergradasi, semen, beton, dan juga aspal merupakan hasil dari alat pemroses material ini. Crusher dan concrate mix truck adalah contoh fasilitas dari truk ini. Pada umumnya alat pemroses material berfungsi sebagai pencampur material-material semen beton dan masih banyak yang lainnya yang juga dibagi ke dalam alat pemroses material contohnya batch plant dan juga asphalt mixing plant.

Alat pemroses material juga seringkali dihubungkan dengan alat penempatan akhir material. Mengapa? Hal tersebut terjadi karena hasil proses material di alat pemroses agar material akan dimanfaatkan oleh alat penempatan akhir material yakni ashpalt paver untuk Asphalt Mixing Plant dan juga concrate spreader untuk Concrate Bantching Plant.

Dengan adanya alat tersebut maka Anda tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana cara memproses material dengan cepat dan benar karena apabila kita menggunakan alat tersebut maka akan banyak kelebihan yang di dapatkan. Kelebihan tersebut adalah proses pembuatan yang singkat karna menggunakan mesin, hasil kerja yang maksimal dan masih banyak yang lain. Dan bayangkan jika menggunakan tenaga manusia pasti akan membutuhkan waktu yang lama di dalam proses pengerjaan bukan. Maka dari itu alat ini termasuk ke dalam salah satu bagian terpenting di bidang konstruksi.

Crusher
5/5

Crusher

Crusher biasanya dimanfaatkan untuk memecahkan batuan alam menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai dengan yang dibutuhkan. Crusher terdiri dari beberapa bagian yakni crusher primer, crusher sekunder, dan jugabcrusher tersier. Setelah batuan diledakan, batuan akan dimasukan kedalam crusher primer. Nantinya hasil dari crusher primer akan dimasukan kedalam sekunder agar mendapatkan hasil bagus.

Concrete Mixer Truck
5/5

Concrete Mixer

Alat ini biasanya dimanfaatkan untuk mengubah batuan dan mineral alam menjadi suatu bentuk dan ukuran yang sesuai dengan keinginkan. Batuan bergradasi, semen, beton, dan juga aspal merupakan contoh hasil alat ini. Yang termasuk di dalam alat iniyakni crusher dan concrete mixer truck. Alat ini juga bisa mencampur material-material di atas yang dikategorikan ke dalam alat pemroses material seperti concretebatch plant.

Alat Penempatan Akhir Material

Alat penempatan akhir matetial memilki pengertian yakni Alat digolongkan sebagai penempatan akhir karena fungsinya yakni untuk menempatkan material pada tempat yang telah ditentukan. Di tempat atau lokasi proyek material dapat disebarkan secara merata dan dipadatkan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Alat alat yang termasuk ke dalam kategori ini ada 4 antara lain yakni concrete spreader, asphalt paver, motor grader, dan juga alat pemadat.

Concrete Spreader

Concrete Spreader
5/5

Concrete Spreader memilki pengertian yakni termasuk ke dalam salah satu alat penempatan akhir yang memilki type PS-4000 placer atau penyebar klasifkasi fungsional alat berat. Alat ini juga tergolong ke dalam alat penempatan akhir material. Pada umumnya alat ini digunakan sebagai alat untuk meyebarkan beton plastis dalam pembuatan perkerasan

Asphalt
Paver

Asphalt Paver
5/5

Peralatan penghampar campuran aspal panas atau yang lebih di sering dikenal dengan istilah asphalt paver yakni sebagai peralatan bermesin yang biasanya dimanfaatkan untuk menghantarkan campuran aspal panas di atas permukaan jalan sesuai dengan lebar, tinggi serta ketebalan hamparan yang direncanakan sebelumnya. 

Motor
Grader

Motor Grader
5/5

Motor Grader merupakan sebuah alat yang tergolong ke dalam mesin sortir yang pada umunya dikenal dengan mesin yang mempunyai mata pisau atau suatu mesin sortir motor. Motot grader memilki pengertian yakni sarana angkut rancang-bangun dengan suatu mata pisau besar yang bisanya digunakan menciptakan sebuah permukaan datar.

Alat Untuk Meratakan Concrete

Dalam hal proses pembuatan pembahasan atau lapangan pesawat terbang, jalan Raya, tanggul sungai, dan lain sebagainya biasanya memerlukan sebuah tanah untuk dipadatkan terlebih dahulu serta diratakan. Hal ini biasanya menggunakan alat yang satu ini, dikarenakan alat yang satu ini dapat membantu proses konstruksi proyek proyek tersebut. Aku juga dapat meringankan beban kontraktor. Alat berat yang tergolong dalam pembangunan ini yaitu concrete paver

Concrete Paver ​

Concrete paver memilki pengertan yakni alat berat yang pada umumnya dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan beton. Pavers menghampar beton ready mix yang biasanya berfungsinya pada pekerjaan asphalt finisher. Alat ini menggunakan sistem slipform yang akan digunakan dalam proses pengecoran jalan raya beton secara terus menerus dengan jaminan kualitas terbaik, kemiringan, dan kerataan sesuai dengan titik yang ditentukan dengan sangat akurat. 

5/5

Pompa Beton

Pompa beton memilki pengertian yakni pompa yang biasanya dimanfaatkan untuk mengalirkan beton dari satu tepat ke tempat lain. Pompa beton biasanya dapat berupa pompa tunggal yang ditarik dengan menggunakan kendaraan lain, atau kendaraan yang didesain khusus untuk mengangkut pompa tersebut. Biasanya jenis pompa yang digunakan bertipe skrup archimedes dengan selang dari karet yang tebal. 

Pada umumnya pompa beton bekerja bersama dengan pengaduk beton yang pertama tama biasanya beton diaduk terlebih dahulu lalu dialirkan ke tempat yang telah disediakan. Pompa beton termasuk ke dalam jenis alat untuk mendorong cairan beton dari truck mixer pada media pengecoran, baik itu dalam bentuk armada yang di rakit maupun dalam bentuk fixed.

Macam-macam Pompa Beton

Pompa Beton Standar
5/5

Pompa Beton Standar

Pompa beton standar memilki pengertian yakni salah satu peralatan yang dimanfaatkan untuk memperlancar pembuatan sebuah gedung atau bangunan. Alat ini termasuk ke dalam salah satu jenis yang paling pas untuk digunakan dengan berbagai macam proyek. Anda harus memilih pompa beton dengan ukuran yang memang dibutuhkan agar lebih efisien dalam penggunaan dan harga sewa tidak terlalu mahal.

Pompa Beton Mini

Meruapkan unit truk yang dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses pengecoran beton ready mix. Khusunya untuk area permukiman padat yang tidak mempunyai lahan luas untuk tempat mengaduk semen secara manual. Menggunakan jasa peminjaman pompa beton jadi solusi tepat. Karena hanya dengan menggunakan truk khusus yang akan mengaduk semen sebagai bahan beton maka Anda tidak perlu membutuhkan tempat yang luas serta kinerja akan semakin cepat.

Pompa Beton mini
5/5
5/5

Concrete Pump

oncrete pump memilki pengertian yakni alat bantu yang dirancang secara khusus untuk menyalurkan adonan beton ke tempat pengecoran. Alat pompa adonan beton ini sangat membantu dalam proses pembangunan struktur beton bertulang contohnya adalah bangunan-bangunan bertingkat. Jika Anda menggunakan alat ini maka alat ini maka Anda dapat mengehemat waktu serta mempercepat pekerjaan-pekerjaan pengecoran karena itu lah kelebihannya.

Pompa Long Boom

Pompa Master Long Boom memilki pengertian yakni salah satu jenis pompa (Concrete Pump) yang biasanya dimanfaatkan sebagai alat bantu pada pengecoran beton, dengan boom, atau jangkauan yang sangat jauh. Apabila Anda menggunakan pompa master long boom, maka beton redymix, dapat langsung dipompa ke tempat lokasi pengecoran, hanya dalam waktu singkat.

5/5